6 Cara Sederhana Membuat VCO Berkualitas, No. 3 Gampang Sekali!

waktu baca 4 menit
Kamis, 13 Jul 2017 00:34 1 8976 Mh Badrut Tamam
cara membuat vco, cara membuat vco tanpa pemanasan, cara membuat vco di rumah, cara membuat vco dengan pemanasan, cara membuat vco murni, cara membuat vco tradisional, cara membuat vco menggunakan ragi, cara membuat vco oil, cara membuat vco yang benar, cara membuat vco dengan ragi roti, cara membuat vco metode pemanasan, cara membuat vco minyak kelapa, cara membuat vco fermentasi, cara membuat vco dengan blender, cara membuat vco metode mixing, cara membuat vco tanpa dimasak, cara membuat vco dengan mixer, cara membuat vco dengan metode fermentasi, cara membuat vco terbaik, cara membuat vco secara tradisional

VCO (Virgin Coconut Oil) adalah minyak kelapa murni yang diekstrak dari kelapa tua dengan menggunakan berbagai metode. Kandungan VCO didominasi oleh lemak jenuh yang berupa MCT (Medium Chain Triglyceride) dan asam laurat. Salah satu khasiat VCO bagi kesehatan yakni mampu melancarkan metabolisme tubuh.

Harga VCO di pasaran cukup bervariasi mulai dari yang murah hingga yang mahal. Jika anda rajin mengkonsumsi VCO, tidak salahnya membuat VCO sendiri agar lebih ekonomis dan tentunya kualitasnya asli. Prinsip dasar dalam membuat VCO ada 3 tahapan utama, yakni: (1) pembuatan santan kelapa, (2) pembuatan VCO, dan (3) penyaringan. Berikut adalah penjelasan mengenai langkah-langkah membuat VCO:

Pembuatan Santan

Hal yang harus diperhatikan sebelum proses pembuatan santan yakni pilihlah kelapa yang tua. Perbandingan kelapa dan air yakni 2,5 butir kelapa diberi air matang 1,5 liter. Untuk menghancurkan kelapa bisa diparut manual atau mesin maupun menggunakan food processor. Jika untuk skala kecil bisa menggunakan blender dengan memotongnya kecil-kecil kemudian diblender dengan air.

Peras dan saring kelapa sampai menghasilkan santan. Langkah selanjutnya yakni masukkan santan ke dalam wadah atau toples yang transparan dan tutup bagian atasnya. Biarkan santan kelapa tersebut selama kurang lebih 1 jam sampai terbentuk 2 lapisan, yaitu lapisan atas yang disebut krim (kanil) dan lapisan bawah yang berupa air. Pisahkan krim dari air untuk proses pembuatan VCO.

elaskan cara membuat vco dengan cara tradisional, cara membuat vco dari kelapa, cara membuat vco dengan ragi, cara membuat vco dengan ragi tempe, cara membuat vco dan manfaatnya, cara membuat vco dengan metode pemanasan, cara membuat vco dengan fermipan, cara membuat vco dengan sentrifugal, cara membuat vco dengan nanas, cara membuat vco dengan metode sentrifugal, cara membuat vco dengan ragi tape, cara membuat vco dengan pancingan, cara membuat vco dengan enzim, cara membuat vco dengan pemancingan, cara membuat vco dengan peragian, cara membuat vco dg mixer, cara membuat extra vco, cara membuat extra virgin coconut oil, cara pembuatan vco secara enzimatis, cara membuat es krim vco
Proses pembuatan santan hinggan terbentuk krim

Pembuatan VCO

Setelah diperoleh krim di lapisan atas, maka langkah berikutnya yakni proses pembuatan VCO yang terdiri dari 6 metode. Adapun metode pembuatan VCO antara lain:

1. Metode Pemanasan
Metode ini menggunakan pemanasan terkendali. Caranya yakni krim yang diperoleh dari santan kemudian dimasak dengan wajan pada suhu sedang 60°C – 75°C. Jaga suhu jangan sampai panas berlebihan. Aduk perlahan hingga keluar minyak. Jika sudah diperoleh minyak, matikan apinya. Pisahkan minyak dari blondo dengan cara menggunakan serok. Keunggulan menggunakan metode ini adalah VCO yang dihasilkan diperoleh dalam waktu yang singkat dibandingkan metode yang lain.

cara membuat vco youtube, cara membuat vco agar tidak tengik, cara membuat vco alami, cara membuat vco adalah, cara membuat minyak kelapa murni atau vco, cara membuat vco berkualitas tinggi, cara membuat vco berkualitas, cara membuat vco yang berkualitas, cara membuat vco yg benar, cara membuat vco yg baik, cara membuat vco yang baik, cara buat vco yang baik, cara membuat minyak vco yang benar, bagaimana cara membuat vco sendiri, bagaimana cara membuat vco kelapa hijau, bagaimana cara membuat minyak vco, cara membuat vco sentrifugal, cara membuat vco virgin coconut oil, cara membuat vco dengan cara fermentasi
Cara membuat VCO dengan pemasan

2. Metode Fermentasi
Cara membuat VCO dengan fermentasi dimulai dari menyiapkan krim santan di dalam toples dan kemudian tambahkan ragi roti sebanyak 1/4 sendok teh. Aduk campuran tersebut dan kemudian tutuplah toples. Biarkan (inkubasi) selama 24 jam. Hasilnya adalah terbentuk 3 lapisan yakni: lapisan atas (minyak), lapisan tengah (blondo), lapisan bawah (air).

3. Metode Pemancingan
Metode pancingan adalah membuat VCO dengan menggunakan VCO yang sudah jadi sebagai pemancing untuk terbentuknya VCO baru. Langkahnya sangat mudah sekali yakni siapkan krim dan masukkan ke dalam toples kemudian tambahkan 1-2 sendok makan VCO dan aduk hingga merata. Tutuplah toples kemudian tunggu selama 24 jam. Hasilnya yakni akan terbentuk 3 lapisan yaitu: lapisan atas (minyak), lapisan tengah (blondo), lapisan bawah (air).

4. Metode Enzim Daun Pepaya
Daun pepaya mengandung enzim papain yang bisa digunakan untuk membuat VCO. Siapkan daun pepaya dan iris kecil-kecil. Campurkan irisan daun pepaya secukupnya dengan krim santan dan msukkan ke dalam toples tertutup. Tunggu hingga 24 jam sampai terbentuk 3 lapisan. Lapisan atas berupa minyak, lapisan tengah berupa blondo, dan lapisan bawah berupa air.

5. Metode Enzim Nanas
Nanas mengandung enzim bromelain yang dapat digunakan untuk membuat VCO. Siapkan buah nanas secukupnya (termasuk bonggol tengahnya) dan kemudian diparut. Parutan nanas tersebut dicampur dengan krim santan dan taruh di toples tertutup. Biarkan selama 24 jam hingga terbentuk 3 lapisan.

6. Metode Asam Cuka
Cara membuat VCO dengan pengasaman cukup sederhana. Hanya menambahkan asam cuka makanan kedalam krim santan. Perbandingannya yakni 200 ml krim santan dicampur dengan 2 sendok asam cuka. Setelah dicampur dengan cuka, aduk hingga merata dan biarkan hingga 24 jam hingga terbentuk 3 lapisan.

Penyaringan

Tahap terakhir yakni menyaring VCO agar menjadi lebih jernih.. Hasil pada tahapan pembuatan VCO yang terbentuk 3 lapisan, ambilah lapisan atas yang berupa minyak dan kemudian disaring. Penyaringan bisa dengan menggunakan kain saring atau kertas saring. Setelah disaring masukkan ke dalam botol tertutup agar terjaga kualitasnya. Jangan disimpan di kulkas dan hindari terkena sinar matahari.

cara buat vco fermentasi, cara membuat minyak vco dengan fermentasi, cara membuat minyak goreng vco, cara membuat pasta gigi dari vco, cara membuat vco homemade, cara membuat vco kelapa hijau, cara pembuatan vco kelapa hijau, cara buat vco kelapa hijau, cara pembuatan vco skala industri, cara membuat vco kelapa, cara membuat vco kualitas terbaik, cara membuat vco kualitas tinggi, cara membuat vco kimia, cara membuat vco kelapa muda, cara buat vco kelapa, cara pembuatan vco kelapa, cara membuat minyak vco dari kelapa, cara membuat minyak kelapa murni vco tanpa pemanasan, cara membuat vco tahan lama, cara membuat vco metode mixer
Proses penyaringan VCO



Kandungan Gizi VCO (Virgin Coconut Oil
Jumlah Per 100 g

Kalori (kcal) 862
Jumlah Lemak 100 g
___Lemak jenuh 87 g
___Lemak tak jenuh ganda 1,8 g
___Lemak tak jenuh tunggal 6 g
Kolesterol 0 mg
Natrium 0 mg
Jumlah Karbohidrat 0 g
___Serat pangan 0 g
___Gula 0 g
Protein 0 g


Penelusuran terkait: cara membuat vco secara tradisional, membuat vco berkualitas tinggi, cara membuat vco dengan mixer, cara membuat minyak kelapa murni secara tradisional, mesin pembuat vco, proses pembuatan vco pdf, laporan pembuatan vco

Mh Badrut Tamam

Mh Badrut Tamam

Lecturer
Science Communicator
Governing Board of Generasi Biologi Indonesia Foundation

1 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    Nia Kurnia
    6 tahun  lalu

    Sangat bermanfaat oak dosen, terimakasih share ilmunya

    Balas

Arsip

Kategori

Kategori

Arsip

LAINNYA
x