Pengertian dan Struktur Tingkat Organisasi Kehidupan LENGKAP

Pengertian Tingkat Organisasi Kehidupan. Dunia kehidupan memiliki tingkatan struktur yang sangat terorganisasi secara sempurna dan menjadi bagian organisasi kehidupan. Kita bisa melihat keteraturan dalam pola yang rumit seperti pola pertulangan daun, pola warna-warni bulu burung, dan lainnya. Contoh tingkat organisasi kehidupan yakni keteraturan biologi tersebut terdapat pada tiap tingkatan organisasi kehidupan yang bahkan tidak nampak oleh mata.
Pengertian tingkat organisasi kehidupan adalah tingkatan yang dimulai dari bagian paling sederhana hingga yang kompleks. Tiap tingkatan dari organisasi kehidupan menjelaskan peranan yang penting dalam memperlajari biologi. Urutan tingkatan organisasi kehidupan yang benar adalah dimulai dari tingkatan molekul hingga biosfer. Berikut adalah urutan tingkatan organisasi kehidupan:

Molekul Organel  Sel Jaringan Organ Sistem Organ Organisme Populasi Komunitas Ekosistem Bioma Biosfer

 

12 Organisasi kehidupan yang dipelajari dalam biologi

Berdasarkan gambar di atas maka akan dijelasakan struktur organisasi kehidupan beserta contoh dalam artikel atau makalah organisasi kehidupan sebagai berikut:

 

1. Molekul

Organisasi kehidupan dari tingkat molekuler didasarkan bahwa setiap mahluk hidup tersusun oleh molekul organik sebagai dasar penyusunnya. Molekul organik (biomolekul) yang kompleks pada mahluk hidup contohnya seperti asam nukleat (DNA dan RNA), protein, karbohidrat,lemak dan vitamin. Molekul organik berfungsi untuk mengontrol struktur dan fungsi tiap komponen-komponen sel.

 

2. Organel

Organel adalah bagian penyusun dari sel yang tersusun dari berbagai macam molekul organik yang memiliki fungsi berbagai macam. Contoh organel sel adalah:

  • Mitokondria: menghasilkan energi
  • Ribosom: sintesis protein
  • Badan golgi: ekskresi sel
  • Retikulum endoplasma: transportasi dalam sel

 

3. Sel

 

Organisasi kehidupan tingkat sel didasarkan bahwa sel merupakan unit struktural dan fungsional terkecil. Mahluk hidup bersel satu seperti bakteri, protozoa, dan alga melakukan aktivitas metabolismenya dengan sebuah sel saja. Sementara mahluk hidup bersel banyak seperti tumbuhan dan hewan memiliki sel dengan berbagai bentuk dan fungsi yang berbeda-beda.

 
  Baca juga: Struktur dan Fungsi Sel                                                                                                    

4. Jaringan

Struktur organisasi kehidupan tingkat jaringan adalah kumpulan berbagai macam sel yang memiliki bentuk dan fungsi yang sama. Sekumpulan sel tersebut membentuk pola yang sama dengan fungsi yang sama. Jaringan berperan membentuk struktur dasar pada bagian tubuh mahluk hidup. Contoh organisasi kehidupan tingkat jaringan adalah:

  • Jaringan hewan: jaringan epitel, jaringan otot, jaringan saraf, dan jaringan ikat.
  • Jaringan tumbuhan: jaringan meristem, jaringan epidermis, dan jaringan pengangkut.
Contoh berbagai macam bentuk jaringan epitel

5. Organ

 

Organ adalah kumpulan jaringan yang memiliki peranan tertentu. Tiap organ memiliki fungsi untuk menyokong kehidupan suatu mahluk hidup. Keberadaan organ menjadikan mahluk hidup memiliki fungsi fisiologis terhadap kondisi lingkungannya. Contoh organisasi tingkat organ adalah:

  • Organ hewan: jantung, paru-paru, lambung, ginjal, mata, dll.
  • Organ tumbuhan: akar, daun, batang, bunga.

 

Organ batang tumbuhan (kiri) dan organ lambung manusia yang tersusun dari berbagai macam jaringan.

6. Sistem Organ

Tingkatan organisasi kehidupan pada sistem organ terdiri dari berbagai organ yang saling tersusun membentuk sistem tertentu yang saling berinteraksi. Adanya interaksi berbagai organ dengan tujuan yang sama akan membentuk satu kesatuan fungsional bagi keberlangsungan hidup suatu mahluk hidup. Sebagai contoh sistem peredaran darah yang terdiri dari organ jantung dan pembuluh darah vena, arteri, dan kapiler. Contoh tingkatan organisasi kehidupan sistem organ adalah:

  • Sistem organ hewan: sistem pernafasan, sistem pencernaan, sistem reproduksi.
  • Sistem organ tumbuhan: sistem transportasi, sistem transpirasi.

 

Sistem organ pada manusia

7. Organisme (Individu)

Pada tingkat ini, organisme atau individu adalah suatu satuan mahluk hidup yang tersusun secara kompleks dengan berbagai macam sistem tubuh yang saling mendukung. Dari tingkatan molekul hingga sistem organ memberikan daya dukung untuk hidup dan berinteraksi dengan sekitar.

 

8. Populasi

Populasi adalah kumpulan sekelompok organisme sejenis di suatu tempat dan waktu yang sama. Contoh sekumpulan manusia di suatu desa/kota, sekumpulan gajah di padang rumput, dan sekumpulan padi di sawah.

 

9. Komunitas

Komunitas adalah kumpulan populasi dari berbagai spesies di suatu waktu dan tempat yang sama. Sebagai contoh suatu sawah terdapat populasi padi, populasi belalang, populasi semut, populasi alga hijau, dan lainnya. Tiap komunitas terdapat interaksi pada antar populasinya.

Gambar tersebut menjelaskan komunitas yang terdiri dari
populasi rusa, populasi banteng, populasi zebra, populasi rumput, dll

10. Ekosistem

 

Ekosistem adalah interkasi antara berbagai populasi penyusun komunitas dengan lingkungan abiotiknya (udara, air, tanah, sinar matahari). Tingakatan ekosistem merupakan hubungan timbal balik antara komponen biotik (mahluk hidup) dengan abiotik yang saling berinteraksi membentuk kondisi tertentu. Ekosistem terdiiri dari alami dan buatan. Contoh ekosistem yakni ekosistem sungai, ekosistem pantai, ekosistem hutan, ekosistem sawah, ekosistem tambak.

11. Bioma

 

Bioma adalah kumpulan ekosistem terestrial yang melingkupi wilayah yang luas yang pada umumnya dipengaruhi oleh iklim regional sehingga terdapat tumbuhan dan hewan khas yang mampu beradaptasi dengan lingkungannya. Pengelompokan bioma berdasarkan vegetasi yang mendominasi bioma tersebut. Cntoh bioma adalah gurun, padang rumput, tundra, taiga, hutan gugur, hutan hujan tropis.

Peta bioma yang ada di dunia

12. Biosfer

Biosfer adalah bumi yang di dalamnya berisi seluruh kehidupan. Pada tingkatan ini, seluruh kehidupan di bumi membentuk satu kesatuan utuh yang interkasinya skala global.

Lecturer Science Communicator Governing Board of Generasi Biologi Indonesia Foundation
Exit mobile version