Ayam atau Telur Duluan? Biomineralisasi Jawabannya

waktu baca 2 menit
Selasa, 3 Okt 2017 01:04 0 849 Mh Badrut Tamam
Sudah berapa kali kita mendengar pertanyaan “ayam atau telur duluan?” yang terkadang pertanyaan tersebut sudah dianggap tidak memiliki jawaban. Namun dengan memahami proses terbentuknya telur secara fisiologis maupun biokimianya, maka jawaban mengenai pertanyaan ini dapat dibuktikan secara ilmiah.
Secara anatomi, ayam betina memiliki ovarium yang mampu menghasilkan telur yang bermuara di kloaka. Selama proses yang berada di saluran reproduksi inilah telur yang semula masih berupa yolk (kuning telur) dan selanjutnya akan dibungkus dengan cangkang. Proses pembentukan telur secara ringkas disajikan dalam tabel berikut:
Saluran reproduksi ayam betina
Komposisi utama cangkang telur ayam adalah kalsium karbonat. Proses pembentukan cangkang berada di bagian uterus atau rahim ayam betina. Berdasarkan penelitian biomineralisasi proses kristalisasi kalsium karbonat menjadi bahan penyusun cangkang telur dipengaruhi oleh protein Ovocleidin-17 (OC-17).
Ovocleidin-17 adalah protein yang ditemukan di bagian uterus yang berfungsi sebagai katalisator proses perubahan kalsium karbonat amorfik menjadi kalsium karbonat yang mengkristal. Kristalisasi kalsium karbonat tersebut tidak dapat dilakukan jika tidak ada protein tersebut.
Kesimpulan: Protein Ovocleidin-17 (OC-17) ditemukan di uterus ayam untuk pembentukan cangkang telur. Jika telur dahulu diciptakan, maka proses kristalisasi cangkang telur tidak memungkinkan karena tidak ada protein tersebut untuk proses pembentukan telur. Jadi ayam terlebih dahulu diciptakan.
Referensi:
Colin L. Freeman, John H. Harding, David Quigley, and P. Mark Rodger. Structural Control of Crystal Nuclei by an Eggshell Protein. Angew. Chem. 2010, 122, 5261–5263.
Mh Badrut Tamam

Mh Badrut Tamam

Lecturer
Science Communicator
Governing Board of Generasi Biologi Indonesia Foundation

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Arsip

Kategori

Kategori

Arsip

LAINNYA
x