Spesies Baru: Udang Crustacea Jenis Baru dari Raja Ampat

waktu baca 2 menit
Jumat, 11 Sep 2015 04:17 0 767 Mh Badrut Tamam
Keindahan Raja Ampat di Papua ternyata menyimpan keanekaragaman hayati yang luar biasa. Salah satu temuan spesies baru yang berhasil diungkap adalah hewan dari jenis Crustacea yang ditemukan diantara terumbu karang. Spesies tersebut diberi nama ilimiah Leucothoe eltoni sp.
Sang penemu adalah James Darwin Thomas, professor yang berasal dari Halmos College of Natural Sciences and Oceanography di Florida. Dia memberi nama “Elton” karena nama tersebut berasal dari nama musisi Elton John dari Inggris. Nama tersebut terinspirasi karena kebiasaannya mendengarkan musik-musik Elton ketika bekerja di Laboratorium.
Crustacea ini memilikiukuran yang sangat kecil (7-8 mm) yang ditemukan di terumbu karang di Raja Ampat, Indonesia. Fauna ini bersimbiosis secara mutualisme dengan beberapa invertebrata lain seperti terumbu karang dan kelompok Tunicata yakni Herdmania dan Polycarpa sp. Beberapa juga ditemukan ketika bersimbiosis dengan kerang Pteria penguin dan hewan spons seperti Callyspongia.
Dalam penemuan ini, keberadaan Leucothoe eltoni memberikan informasi bahwa mahluk kecil ini merupakan indikator bahwa terumbu karang di Raja Ampat masih bagus. Selain di Raja Ampat, hewan ini juga ditemukan di Laut Halhamera dan Laut Sulawesi.
Referensi Jurnal:
Thomas JD. 2105. Leucothoe eltoni sp. n., a new species of commensal leucothoid amphipod from coral reefs in Raja Ampat, Indonesia (Crustacea, Amphipoda). ZooKeys 518: 51-66; doi: 10.3897/zookeys.518.9340.
Link Jurnal: http://zookeys.pensoft.net/articles.php?id=5969
Penulis:
Mh. Badrut Tamam
email: mh.badruttamam@generasibiologi.com
Mh Badrut Tamam

Mh Badrut Tamam

Lecturer
Science Communicator
Governing Board of Generasi Biologi Indonesia Foundation

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Arsip

Kategori

Kategori

Arsip

LAINNYA
x