Gigitan Seperti Harimau, Katak Beelzebufo ampinga Mampu Memangsa Dinosaurus

waktu baca 2 menit
Minggu, 18 Feb 2018 13:56 0 960 Mh Badrut Tamam
Percaya atau tidak? ternyata ada katak yang bisa memangsa dinosaurus. Seperti yang kita ketahui katak merupakan hewan jenis amphibia yang biasanya hanya memakan serangga. Namun, baru-baru ini telah ditemukan katak yang bisa memakan dinosaurus. Katak tersebut bernama Beelzebufo ampinga atau bisa disebut katak bertanduk dari genus Ceratophrys.
Seperti yang dilansir dari laman Sci News (20/09/2017), katak Beelzebufo ampinga merupakan spesies yang telah punah dan tinggal di Madagaskar pada zaman Cretaceous sekitar 68 juta tahun yang lalu. Menurut peneliti dari Universitas Politeknik California, spesies katak tersebut mampu memakan dinosaurus kecil.
Kesimpulan katak bertanduk mampu memakan dinosaurus berdasarkan kekuatan gigitannya. Katak bertanduk sendiri memiliki rahang yang kuat sehingga mampu memangsa hewan sebesar mereka termasuk katak, ular, dan hewan pengerat lainnya. Hal ini berbeda dengan katak pada umumnya yang memiliki rahang lemah dan biasanya mengkonsumsi mangsa kecil.
Katak bertanduk yang masih kecil dan memiliki lebar kepala sekitar 1,8 inci (4,5 cm), mampu menggigit dengan kekuatan 30 newton (N) atau sekitar 3 kilogram. Sedangkan katak yang berukuran besar dan memiliki lebar kepala hingga 4 inci (10 cm), akan memiliki kekuatan gigitan hampir 500 N. Hal tersebut sebanding dengan reptil dan mamalia dengan ukuran kepala yang sama.
Para peneliti memperkirakan bahwa kekuatan gigitan katak Beelzebufo yang telah punah mungkin telah menggigit sampai 2.200 N, sebanding dengan predator mamalia hebat seperti serigala dan harimau betina. ”Pada kekuatan gigitan tersebut, Beelzebufo ampinga akan mampu menundukkan dinosaurus kecil dan remaja,” kata Dr. Jones dari University of Adelaide dan Museum Australia Selatan.
Profesor Kristopher Lappin, dari California State Polytechnic University menjelaskan bahwa katak bertanduk memiliki gigitan yang mengesankan dan cenderung tidak melepaskannya. “Gigitan Beelzebufo ampinga dewasa pasti luar biasa, pastinya bukan sesuatu yang ingin saya alami secara langsung.” Ujarnya.
Penulis: Ahmad Edi Dermawan

Sumber: http://www.sci-news.com/biology/giant-prehistoric-frogs-ate-small-dinosaurs-05241.html
Credit Photo: https://21stoleti.cz/2017/11/27/obri-zaba-beelzebufo-ampinga/
Mh Badrut Tamam

Mh Badrut Tamam

Lecturer
Science Communicator
Governing Board of Generasi Biologi Indonesia Foundation

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Arsip

Kategori

Kategori

Arsip

LAINNYA
x